- BULETIN SURVEILANS EDISI NOVEMBER 2025
- KADER DESA KESUGIHAN, IBU WIWIK, RAIH JUARA HARAPAN II LOMBA KADER BERPRESTASI TINGKAT JAWA TENGAH
- PEMANTAUAN TUMBUH KEMBANG BALITA DENGAN SDIDTK
- LAPORAN SURVEI KEPUASAN MASYARAKAT PUSKESMAS BRAGOLAN SEMESTER 1 TAHUN 2025
- TURUNKAN ANGKA KEMATIAN IBU DAN BAYI, PUSKESMAS BRAGOLAN BEKERJASAMA DENGAN DOKTER SPESIALIS OBGYN
- CEGAH CAMPAK DAN HPV DENGAN BIAS
- SMD MMD PUSKESMAS BRAGOLAN
- Pengukuran Kebugaran Jasmani Siswa SD Di Wilayah Puskesmas Bragolan Purwodadi
- PUSKESMAS BRAGOLAN ANTI KORUPSI DAN GRATIFIKASI
- SADAR JAMILAH PUSKESMAS BRAGOLAN
PENILAIAN KOMPETENSI KADER POSYANDU ILP

Pelaksanaan penilaian kompetensi kader di wilayah Puskesmas Bragolan Purwodadi telah dimulai sejak 2024. Pada Hari Sabtu, 18 Januari 2025 dilakukan kegiatan penilaian kompetensi kader di Desa Brondongrejo. Kegiatan diikuti oleh 19 kader dan bertindak sebagai Tim Penilai adalah petugas kesehatan Puskesmas Bragolan.
Penilaian kader merupakan upaya dalam mempersiapkan sistem posyandu ILP (Integrasi Layanan Primer). Posyandu ILP merupakan program yang menyediakan layanan lesehatan bagi masyarakat pad asemua siklus hidup, yaitu dari bayi hingga lansia. Oleh karena itu, kader kesehatan posyandu ILP perlu dilatih dan dinilai kompetensinya. Melalui penilaian kompetensi kader tersebut, akan diketahui pengetahuan dan keterampilan kader mengenai 25 kompetensi kader. Kompetensi tersebut dikelompokkan dalam 5 kelompok, yaitu pengelolaan posyandu, bayi dan balita, ibu hamil dan menyusui, usia anak sekolah dan remaja, usia dewasa dan lansia.
Kader kesehatan akan dinilai pengetahuan dan keterampilannya oleh petugas Puskesmas Bragolan. Kemudian, lader lesehatan alan dikelompokkan menjadi beberapa strata kader posyandu berdasarkan nilai kompetensi. Adapun strata kompetensi kader posyandu antara lain purwa, madya, dan utama. Setiap kader posyandu alan mendapat sertifilat kompetensi dan pin strata kader posyandu.
Dengan kegiatan ini, diharapkan kader kesehatan bisa menjadi kader yang berkompetensi dan siap melayani masyarakat.


